NINI JANGAK dan NINI UMANG

NINI JANGAK dan NINI UMANG

Cerita rakyat batak karo , jangak dan umang bukan gosip semata.

Konon 2 nama ini disebut kramat atau mahluk ditakuti, 

Namun berdasarkan penelitian saya mulai tahun 1980han hingga tahun milenium ini ( 2000 ), hipotesa saya sebagai peneliti amatiran dan ilmu otodidak,

TERNYATA 2 nama misteri ini adalah NINI PINTAR dan NINI KAYA

Jaman dulu ketika ada orang desa yg mencari ranting ke hutan dan tidak pulang pulang hingga beberapa waktu , ketika dia pulang DIA BURUBAH mejadi bisa mengobati, bijaksana dan lebih pintar dari sebelumnya , itulah disebut BABAKEN UMANG .

Dan saya menyebutnya NINI UMANG adalah NINI PEMBERI ILMU PENGETAHUAN.
.
dan ketika ADA  seseorang MISKIN 7 TURUNAN , dan tiba tiba di diberi seseorang sebuah benda DENGAN PETUAH benda disimpan beberapa waltu, dan dalam benda tersebut ada emas  atau uang yg banyak hingga si miskin jadi kaya raya. Inilah disebut JUMPA NINI JANGAK
.
Dan saya menyebut NINI JANGAK adalah NINI PEMBERI KEMAKMURAN.

Sungguh tak logika , namun hampir di desa desa karo kita bisa dengar cerita ini , bahkan orang orang yg PERNAH jumpa dengan ke 2 nini ini , masih ada turunannya yg mengakui.
.
NINI PEMBERI ILMU PENGETAHUAN
NINI PEMBERI KEMAKMURAN

saya tuliskan di google ini , untuk bisa siapa saja para peneliti untuk menyempurnakannya .
.
dan penelitian saya ini SANGAT MENGARAH dan MENGUATKAN KE NINI BATAK MOYANG BATAK SIRULO .
.
Siapa nini batak ?
.
Tunggu sambungannya ...
.
Haras batak sirulo


Komentar